Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Cilawu

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Cilawu. Pada postingan sebelumnya yang berjudul Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Cikajang, telah dijelaskan mengenai gambaran umum Gunung Cikuray.
Sekadar mengulas sedikit, Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.821 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut, dan sebagai gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Dayeuh Manggung

Puncak Gunung Cikuray dapat dicapai melalui beberapa jalur, di antaranya jalur Cikajang, jalur Bayongbong dan jalur pemancar Cilawu. Jalur pendakian via pemancar merupakan jalur paling populer dan sering digunakan, terutama oleh para pendaki luar kota. Medannya tidak terlalu terjal jika dibandingkan dengan jalur Bayongbong atau jalur Cikajang, namun jalur Pemancar merupakan jalur terpanjang sehingga waktu tempuh relatif lebih lama.

Transfortasi Umum Menuju Gunung Cikuray via Cilawu

Dari Jakarta: Kamu bisa naik bus Karunia Bakti atau Primajasa jurusan Garut, turun di terminal Guntur.
Dari Bandung atau Tasikmalaya: Jika berangkat dari Bandung atau Tasikmalaya, kamu bisa memilih menggunakan bus atau elf jurusan Garut.
Sampai di terminal bus Guntur, jalan kaki ke terminal angkot kurang lebih 5 menit. Dari situ naik angkot 06 warna putih abu-abu jurusan Cilawu selama kurang lebih 30 menit, turun di pertigaan Genteng. Di situ terdapat pangkalan ojeg, kamu bisa naik ojeg sampai ke pemancar.
Kalau berangkat rombongan, kamu bisa sewa angkot sampai ke pemancar dengan kisaran ongkos Rp. 50.000 – 60.000 per orang, tergantung pinter-pinter kamu nego ongkos pada sopirnya.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Cilawu

Setiba di pemancar, silakan bayar simaksi Rp. 10.000 per orang. Di sini kamu bisa beristirahat dulu sambil menikmati makanan dan menyaksikan pemandangan alam yang mempesona.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Patrol

Dari pemancar trek sudah mulai menanjak dengan melewati perkebunan. Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan, kamu bakal menemukan jalur landai sampai pos awal pendakian. Di pos ini simaksi ulang dan daftarkan semua rombongan kamu.
Di pos ini terdapat sumber air dan warung terakhir. Oleh sebab itu, sebaiknya periksa persediaan air dan logistik, jika kurang kamu bisa mengambil air di pos ini atau membeli makanan jika dirasa perlu.
Dari pos I hingga pos III treknya terus menanjak. Ada beberapa nama tanjakan yang akan kamu lewati, di antaranya tanjakan cihuy, tanjakan ambing, tanjakan wakwaw, tanjakan sakti dan sangiang taraje.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar Cilawu

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar
Sebelum tiba di puncak Gunung Cikuray, kamu juga akan melewati puncak bohong atau puncak bayangan, di mana pendaki Reni dikabarkan hilang dan jasadnya tidak ditemukan sampai saat ini.
Secara umum, jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar cukup menantang dengan tanjakan yang variatif dan medan daki yang beragam. Mulai dari jalur tanah, bebatuan hingga titian akar pohon. Jalannya jelas, tidak seperti jalur Cikajang yang rimbun tertutup semak belukar.

Puncak Gunung Cikuray

Harga Tiket Masuk Gunung Cikuray via Pemancar Cilawu

Mendaki gunung Cikuray via Pemancar akan dikenakan tarif atau tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang (silakan hubungi kami apabila telah ada perubahan tarif agar artikel ini segera diupdate). Tiket tersebut dibayar di pos pemancar.
Demikianlah jalur pendakian Gunung Cikuray via pemancar Cilawu, semoga info jalur pendakian ini bermanfaat. Selamat mendaki, salam lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar