3 Gunung di Garut yang Paling Terkenal di Kalangan Pendaki Nusantara

3 Gunung di Garut yang Paling Terkenal di Kalangan Pendaki Nusantara, Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Tenggara pada koordinat 6º56’49 – 7 º45’00 Lintang Selatan dan 107º25’8 – 108º7’30 Bujur Timur. Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²).
Sebagian besar wilayah Kabupaten Garut adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Di antara gunung-gunung di Garut adalah Gunung Cikuray (2.821 m) di selatan kota Garut, Gunung Papandayan (2.262 m) di Cisurupan dan Gunung Guntur (2.249 m) perbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Tiga Gunung di Garut:

1. Gunung Cikuray


gunung di garut cikuray

Gunung Cikuray terletak di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Garut, yaitu Kecamatan Cilawu, Bayongbong, Cigedug, Cikajang dan Banjarwangi. Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut dengan ketinggian mencapai 2.821 meter di atas permukaan laut.
Gunung ini terkenal di kalangan pendaki karena puncaknya menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Jika cuaca sedang cerah, kamu dapat menyaksikan gumpalan asap tebal yang menyerupai samudera. Oleh sebab itulah, Gunung Cikuray sering disebut-sebut sebagai negeri di atas awan atau samudera di atas awan.
Gunung Cikuray sedikitnya memiliki 3 jalur pendakian yang biasa dilewati pendaki, yaitu jalur Cilawu (pemancar), jalur Bayongbong dan jalur Cikajang.

2. Gunung Papandayan

jalur pendakian gunung papandayan garut

Gunung Papandayan disebut-sebut sebagai gunung terindah di Garut. Ketinggiannya mencapai 2.262 mdpl (wikipedia), atau sebagai gunung tertinggi kedua di Garut.
Gunung Papandayan memiliki banyak tempat menarik untuk ditelusuri, di antaranya Kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Saladah, Tegal Alun dan Tegal Panjang. Tempat-tempat tersebut menawarkan keunikan dan pesona tersendiri yang jarang ditemukan di gunung lainnya di tanah air.
Jalur pendakian Gunung Papandayan yang biasa digunakan adalah via Cisurupan – Garut. Treknya landai, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

3. Gunung Guntur


gunung di garut guntur

Gunung Guntur merupakan gunung tertinggi ketiga di Garut, yaitu 2.249 mdpl. Gunung Guntur berada di Kecamatan Tarogong Kidul dengn lokasi geografi : 07 derajat 08’30” LS dan 107 derajat 20′ BT. Termasuk gunung di Garut yang lokasinya tidak jauh dari pusat.
Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi paling aktif pada dekade 1800-an. Tapi sejak itu aktivitasnya kembali menurun.
Meskipun gunung ini tidak lebih tinggi dari Gunung Papandayan, namun jalur pendakian Gunung Guntur lebih berat dari Papandayan. Tanjakannya terjal dan panas karena gunung ini gersang dan tidak terdapat pepohonan seperti di gunung pada umumnya.
Itulah 3 gunung di Garut yang paling terkenal. Sebetulnya masih banyak gunung di Garut, di antaranya Gunung Haruman, Gunung Sadahurip (Piramida Garut), Gunung Wayang dan gunung-gunung kecil lainnya.
Semoga ulasan singkat ini bermanfaat, selamat mendaki!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar