Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Cikajang

Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi di Garut dan gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.821 mdpl, terdiri atas kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.
Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Cilawu, Bayongbong, Cikajang, dan Banjarwangi. Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI.

Gambaran Umum Gunung Cikuray Garut

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Cikajang, Gunung Cikuray Garut memiliki tiga jalur pendakian yang sudah populer di kalangan pendaki lokal maupun luar kota. Tiga jalur tersebut adalah jalur Dayeuh Manggung – Cilawu (pemancar), jalur Bayongbong dan jalur via Cikajang.
Puncak Gunung Cikuray dapat ditempuh dari beberapa jalur. Jalur pendakian Gunung Cikuray yang paling sering digunakan adalah jalur Dayeuh Manggung – Cilawu, jalur Bayongbong dan jalur Cikajang.
Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur Cilawu adalah jalur yang biasa digunakan oleh pendaki luar kota, Jalur Bayongbong merupakan jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Sedangkan jalur Cikajang merupakan jalur alternatif.

Pemandangan pagi dari Puncak Gunung Cikuray Garut.



Transfortasi Umum Menuju Gunung Cikuray via Cikajang

Untuk mencapai Gunung Cikurai via Cikajang, dari Jakarta naik bus jurusan Garut berhenti di terminal Guntur. Jika kamu berangkat dari Bandung atau Tasikmalaya selain dengan menggunakan bus, kamu juga bisa naik elf jurusan Garut berhenti di terminal Guntur. Dari terminal Guntur, naik angkot warna putih biru (sejalur dengan angkot yang lewat ke Gunung Papandayan berhenti di alun-alun Cikajang.

Dari Bandung, tersedia juga elf jurusan Cikajang, bus Mulyasari jurusan Pameungpeuk, elf jurusan Singajaya dan elf jurusan Pameungpeuk, masing-masing minta berhenti di alun-alun Cikajang.
Dari alun-alun Cikajang, bisa berjalan kaki atau naik ojek sampai ke pemukiman terakhir di kampung Olan via Barusuda. Di situ terdapat masjid, jika kamu membawa motor pribadi, bisa menitipkannya di rumah warga tepat di depan masjid kampung Olan.

Tiket Masuk Gunung Cikuray via Cikajang

Di jalur Cikajang belum terdapat pos pendaftaran, sehingga kamu bisa muncak Cikuray tanpa harus membayar tiket masuk. Namun begitu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat pendakian, alangkah baiknya kamu melaporkan tim kamu ke warga di Kampung Olan.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Cikajang

Dari kampung Olan, trek awal cukup lebar, berbatu dan biasa digunakan ojek untuk mengangkut sayur. Di sepanjang jalan menuju batas hutan, kamu akan melihat aktifitas petani yang sedang menggarap kebun sayur garapannya.
Setelah habis jalur batu, trek mulai menanjak melewati jalan setapak di antara kebun warga. Di perbatasan kebun dan hutan terdapat selang air, silakan isi wadah air secukupnya karena sampai turun lagi kamu tak akan menemukan sumber air.



Batas Hutan – Pos Bayangan I

Dari batas hutan sampai pos bayangan pertama treknya sudah mulai terjal, jalannya kurang jelas karena tertutup oleh rimbunnya semak belukar. Juga banyak jalur jebakan bekas lintasan babi hutan, perhatikan tanda berupa ikatan tali rafia di ranting-ranting pohon.
Waktu tempuh dari batas hutan sampai pos bayangan pertama sekitar 1,5 – 2 jam. Kawasan hutan di jalur ini kurang terjaga, terbukti dengan banyaknya sisa penebangan sehingga jarang ditemukan pohon berukuran besar.
Pos bayangan pertama berupa dataran, cukup untuk mendirikan 2 – 3 tenda dome.

Pos Bayangan I – Pos Bayangan II

Sekitar 50 meter dari pos bayangan pertama, jalanan datar kemudian nanjak lagi seperti trek pendakian awal. Kamu tidak akan menemukan ‘bonus’ sampai di pos bayangan kedua. Hutan semakin lebat, sehingga sulit melihat cahaya matahari selain dari cahaya yang menyelinap ke sela-sela daun.
Pos bayangan kedua berupa dataran, namun kurang nyaman untuk mendirikan tenda. Pos bayangan ini biasanya digunakan untuk beristirahat minum atau makan. Waktu tempuh dari pos bayangan
pertama sekira 1 – 1,5 jam perjalanan.

Pos Bayangan II – Puncak



Samudera di atas awan (view pagi dari puncak Cikuray)
Pendakian dari pos bayangan kedua sampai puncak Cikuray membutuhkan waktu kira-kira 1 – 1,5 jam. Treknya semakin terjal dan menguras energi. Selain ketahanan fisik, kamu juga butuh ketahanan mental untuk mencapai puncak Gunung Cikuray via Cikajang.
Pertanda kamu sudah dekat ke puncak adalah ketika kamu sudah bisa melihat birunya langit. he
Rasa lelah setelah 4 – 5 jam mendaki seolah hilang tergantikan dengan kegembiraan saat puncak sudah di depan mata.
Puncak Gunung Cikuray berupa dataran, luasnya kurang lebih seukuran lapang volly. Di situ terdapat bangunan permanen bekas pemancar yang bisa kamu naiki untuk menyaksikan indahnya panorama alam kabupaten Garut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar